Selasa, 04 Mei 2010

National Treasure

indonesia kaya akan barang sejarah terbukti dengan penemuan Harta karun dari bangkai kapal berusia sekitar 1.000 tahun ditemukan di perairan Cirebon, Jawa Barat. Rencananya, barang-barang berupa keramik kerajaan Tiongkok, logam, cula, emas, tulang, 39 jenis barang, arca, dan batu-batuan, itu akan dilelang Rabu (5/5) besok. Demikian dikatakan Sekertaris Dirjen Kelautan, Pesisir, dan Pulau-pulau Kecil, Kementrian Kelautan dan Perikanan Sudirman Saad di Jakarta, Selasa (4/5).



Sudirman mengatakan, harga jual harta karun itu minimal sebesar US$ 80 juta. Pemerintah mendapat bagian 50%, jelasnya, sedangkan 50% lainnya untuk investor sebagai penggali. "Pengangkatan harta karun itu menelan biaya US$ 10 juta," katanya.

Dari total 272.000 artefak yang diangkat dari perairan Cirebon itu, kata Sudirman, 976 di antaranya dinyatakan sebagai koleksi negara. Sedangkan 271.000 lainnya, tambahnya, akan dilelang secara lot atau tidak dijual secara satu per satu atau ketengan.

"Sejauh ini sudah ada 20 peminat. Mereka dari Singapura, Cina, Hongkong, Malaysia, dan Jepang. Namun belum satu pun yang menyetor deposit, sehingga lelang tetap akan dilakukan esok," papar Sudirman. "Jika tidak ada yang memberi deposit, maka batal terjual."(PAG/SHA)

Andai saja penggalian tersebut dilakukan pemerintah dengan bantuan nelayan sekitar tentu akan lebih menguntungkan bukan !!!

sumber (detik.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar